Kandungan kalori singkong yang hanya 154 kkal per 100 gram (setengah dari kalori beras) mampu menjadikannya layak untuk dikonsumsi secara teratur. Beberapa diantaranya memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, seperti di bawah ini :
  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Mengonsumsi singkong secara rutin, dapat membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah.
  2. Pengcegahan Kanker Usus Singkong diperkaya kandungan vitamin C, yang berfungsi sebagai penangkal gangguan radikal bebas, khususnya pada daerah pencernaan.
  3. Menjaga kesehatan jantung Senyawa alami antioksidan pada singkong berperan menormalkan atau melancarkan peredaran darah yang menuju arteri (pembuluh nadi).
  4. Baik untuk penderita diabetes Singkong memiliki nilai Glycaemic Index (GI) atau kandungan gula yang rendah yaitu dibawah 55, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi yang ingin diet dan penderita diabetes.
  5. Singkong sangat rendah lemak dibandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan. Meskipun demikian, ia memiliki lebih banyak protein daripada sumber makanan tropis lainnya.
  6. Singkong bebas dari gluten sehingga aman dikonsumsi masyarakat yang alergi tepung gandum terutama bagi penderita penyakit rheumatoid arthritis, celiac dan crohn