Aneka Olahan Buah dan Sayur

Sebagai negara yang subur, Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah termasuk hasil pertanian berupa buah-buahan dan sayur-sayuran. Apalagi buah dan sayuran Indonesia mempunyai nilai eksotik tinggi, baik dalam bentuk, rasa, maupun aroma. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, hasil pertanian ini ternyata juga bisa dikembangkan dan diolah menjadi makanan yang enak dan lezat.

Lihat Buku (PDF)
Aneka Olahan Jagung

Berbagai serealia penting sebagai sumber zat gizi bagi jutaan penduduk di dunia telah diketahui. Serealia tersebut merupakan bagian terbesar dari menu masyarakat negara berkembang. Karena itu, serealia bukan hanya sebagai sumber energi, melainkan juga sebagai sumber protein. Untuk kelompok serealia, Indonesia memiliki jagung (Zea mays L.) dan sagu (Metroxylon sp.). Mutu protein jagung biasa serupa dengan serealia lain, kecuali beras. Sayangnya, potensi tersebut masih kalah dengan beras. Beras sudah telanjur tercitra sebagai makanan pokok orang Indonesia.

Lihat Buku (PDF)
Aneka Olahan Sukun

Buah sukun merupakan bahan pangan penting sumber karbohidrat di pelbagai kepulauan di daerah tropik, terutama di Pasifik dan Asia Tenggara. Sukun dapat dimasak utuh atau dipotong-potong terlebih dulu, untuk kemudian direbus, digoreng, disangrai, atau dibakar. Buah yang telah dimasak dapat diiris-iris dan dikeringkan di bawah matahari atau di dalam tungku sehingga awet dan dapat disimpan lama.

Lihat Buku (PDF)
Aneka Olahan Umbi

Secara turun-temurun, umbi telah dikenal sebagai bahan makanan, misalnya singkong atau ubi kayu, ketela rambat atau ubi jalar, kentang, garut, ganyong, gembili, talas, suweg, gadung, dan uwi. Setiap jenis umbi-umbian itu memiliki cita rasa berbeda dan dapat dimakan setelah diolah terlebih dahulu.

Lihat Buku (PDF)